Minggu, 26 Mei 2019

Tutorial Membuat Mod di The Witcher 3 Wild Hunt Menggunakan QuickBMS

Tags

Contoh Belajar Mod The Witcher 3 Wild Hunt

Mod untuk The Witcher 3 Wild Hunt


Mod? Kenapa harus dimod? Bukannya game The Witcher 3 itu udah bagus banget? Napa musti di modifikasi lagi bang?. Kalo kalian masih berfikiran kayak gitu, mungkin artikel ini bisa “sedikit” mencerahkan pertanyaan kalian soal modding di game ini.

Pada dasarnya, 99% konten yang tersedia di game The Witcher 3 Wild Hunt ini bisa dibilang fantastis. Mulai dari dunianya yang dinamis sampe Quest utama ataupun sampingan yang bener-bener memorable. Terus, mod fungsinya buat apa dong?

Mod disini banyak banget fungsinya, antara lain:
  1. Buat ngefix beberapa glitch yang meskipun dibilang sepele, tapi lama kelamaan kadang nyebelin.
  2. Mempermudah beberapa hal repetitif yang ngga terlalu ngerubah overall gameplay ataupun alur cerita. Contoh Mod: FastTravelFromAnywhere, yang fungsinya buat mempermudah Geralt fast travel tanpa musti ngedatengin papan jalan yang lain. 
  3. Nambah konten in-game. Nambah gimana? Biasanya sih beberapa hal yang signifikan, dan emang asik buat dicari. Contoh Mod: NewMutagen, mod ini nambah lagi 3 jenis mutagen yang ada dalam game. Yang tadinya cuma terbatas sampe di tahap “Greater”, kalo pake mod ini nambah lagi ke fase Master >> Legendary >> Eredin/Caranthir/Ice Giant.
  4. Dan masih banyak lagi fungsi or maybe manfaat yang bisa diambil dari ngegunain mod tadi.


Cara Pasang Mod The Witcher 3 Wild Hunt

Cara pasang mod di Game ini ngga terlalu ribet. Kalian cukup buat folder mods di direktori game The Witcher kalian. Check gambar kalo masih ragu :
Folder Mod di The Witcher 3 Wild Hunt


*Catatan :
Kata mods diatas harus bener-bener ditulis mods. Jangan kurang huruf “s” nya. Banyak banget newbie yang ngga jeli ama penulisan sepele kayak gini, padahal SEPELE banget. Terus buat kalian yang pake platform Steam, cara pasangnya sama kayak yang GOG (sama kayak sampel diatas).


Cara Buat Mod di The Witcher 3 Wild Hunt

Daritadi ngomongin “Apa itu mod”, “Gimana cara pasang mod”, dan blablabla, lah terus cara moddingnya gimana bang, panjang banget si.

Tenang, modding itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang kalo tujuannya cuma buat modif hal simpel kayak Exp. Susah kalo kalian udah niat bikin mod yang udah mulai ngeganti sistem gamenya itu sendiri. Modding di game ini sendiri sebenernya ada 3 macem (as far as i got, bukan berarti emang cuma ada segitu) :
Mod Subtitle Indonesia The Witcher 3 Wild Hunt
Mod Subtitle Indonesia The Witcher 3 Wild Hunt
  1. Pertama dari file XML raw yang ada di folder content. Disitu kalian bisa lihat banyak banget file yang bisa kalian mod, selama kalian tahu apa yang kalian lakuin. Kalian bisa check sendiri di :
    The Witcher 3 Wild Hunt\content\content0\scripts\game
  2. File kedua ada di folder content ama dlc. Ekstensi file nya .bundle , jadi kalian harus extract dulu isi filenya buat bisa mod beberapa hal. Kalian bisa check itu semua di: 
    The Witcher 3 Wild Hunt\content\content0\bundles\
  3. Kalo yang ini rahasia. Untuk proof, bisa kalian check diatas. (Mod Subtitle Indonesia)

Tapi inget ya, Di awal Bang Odit camkan ya, modding itu ada positif ada negatifnya. Positif kalo yang dimodifikasi itu ngga terlalu ngeganggu gameplay dari gamenya itu sendiri. Negatif (atau mungkin lebih ke kata ‘salah’ kali ya) kalo kalian ngancurin in-game balance, bahkan sampe ke hal-hal berbau sex, nudity, dll.

Untuk tutorial kali ini, Bang Odit bakal ngasih tau cara ngemodifikasi file .bundle (jenis mod ke-2). Okey, ngga perlu panjang lebar. Pertama-tama kalian musti download dulu alatnya, QuickBMS. Fungsinya sama kayak WinRar dan lain-lain, tapi yang jadi target ekstensinya itu bukan file .rar, tapi file .bundle . Jangan lupa Notepad++. (kalo notepad bawaan, syntaxnya bakal acak-acakan). Caranya:

(1) Pertama
Yang pasti harus install dulu game The Witcher 3 Wild Hunt nya, usahakan kalo kalian pake versi tani, udah sampe patch terakhir (1.31), karena itu bakal ngaruh ke progress modding nanti. *Catatan --- Disini, kasus yang bakal bang odit ambil yaitu ngeganti efek Greater Mutagen Blue dari original jadi 60%. Sebenernya, ini bukan contoh yang baik. Alesannya karena mod ini bakalan sedikit ngancurin keseimbangan gamenya. Tapi, sebagai prove kalo mod emang bisa ngemodifikasi beberapa hal, so Why not?

(2) Kedua 
Ekstrak file QuickBMS tadi diluar folder The Witcher (Ini sih opsional, mau dimanapun bisa, tapi coba stick to tutorial dulu yaa). Nah, penampakannya bakal kayak gini.
Lokasi Folder QuickBMS.
Lokasi Folder QuickBMS
Isi Folder QuickBMS.
Lokasi Folder QuickBMS.

(3) Ketiga
Cari file xml.bundle di folder : The Witcher 3 Wild Hunt\content\content0\bundles\ terus copy ke folder sumber. Usahakan backup juga file xml.bundle ini dimanapun kalian mau. Jadi, in case mod ini ngga berjalan lancar, kalian ngga perlu install ulang game the witchernya, tinggal replace aja file gagal tadi dengan backup.

(4) Keempat
Abis itu, Buka file quickbms.exe (yang bentuknya aplikasi), jangan di Run As Administrator.

(5) Kelima
Di part ini, kalian bisa langsung tahu, dia minta bukain file .bms. Fungsinya, file bms itu sebagai script khusus buat ngeekstrak ekstensi file .bundle tadi. Jadi, buka folder QuickBMS, dan pilih witcher3.bms . Penampakan :
Tahap Ekstraksi 1 - Pilih witcher3.bms dan Klik Open.
Tahap Ekstraksi 1 - Pilih witcher3.bms dan Klik Open.

(6) Keenam
Bagian kedua, dia minta file .bundle yang mau diekstrak. Jadi, pilih file xml.bundle yang ada di folder sumber. Penampakan :
Tahap Ekstraksi 2 - Pilih xml.bundle dan Klik Open.
Tahap Ekstraksi 2 - Pilih xml.bundle dan Klik Open.

(7) Ketujuh
Bagian terakhir extracting. Kalian pilih folder kosong buat nyimpen hasil ekstraksi. Disini, Bang Odit dah nyiapin satu folder buat nyimpen hasil ekstraksi. Buka folder hasil, klik Save. Penampakan :
Tahap Ekstraksi 3 - Pilih folder hasil dan Klik Save.

(8) Kedelapan
Kalau kalian ngikutin semuanya dengan benar. Hasilnya bakal kayak gini :
Hasil Ekstraksi QuickBMS
Hasil Ekstraksi QuickBMS

(9) Kesembilan
Naah. Kalau semuanya dah selesai, coba kalian check hasil ekstraksi tadi di folder hasil. Ngga beda jauh ama jenis mod pertama (XML Raw), kalian bakal dapetin hal yang sama di folder ini.

(10) Kesepuluh
Berhubung case yang bang Odit ambil tadi mau ngeganti efek Greater Mutagen Blue, kalian bisa langsung navigate (pindah) ke folder hasil\gameplay\items. Buka file:
def_item_ingredients

(11) Kesebelas
Disini, bisa kalian lihat banyak banget syntax-syntax yang ngga bakalan asing di mata kalian. By the way, ada beberapa aturan yang harus kalian perhatiin sebelum ngotak-ngatik isi file di folder ini, antara lain:
Jangan lupa hitung jumlah kata-nya. Jangan kurang-Jangan lebih.
Jangan lupa hitung jumlah kata-nya. Jangan kurang-Jangan lebih.

a. Check dulu jumlah line awal file yang dibuka. Selama proses modding, jumlah line harus tetap sama sampai akhir. Kalau misalnya nanti kalian nambah 1 angka atau huruf, yaa kalian harus hapus juga sesuatu dengan jumlah yang sama, bisa jadi spasi yang kalian hapus, garis baru, atau mungkin tab, dll. Kalau masih kurang jelas, komen aja ya.
b. Biasakan inget-inget syntax atau line yang kalian mod, Kalo dah ngotak-ngatik isi file tapi di game ngga terimplementasi, jadi gampang kan re-mod nya?

(12) Keduabelas
Part Modding : Kalian bisa lihat kan ada syntax <ability name=”greater_mutagen_color_blue”> diatas ? Bang Odit bakal sedikit jelasin arti-arti syntax dibawahnya, antara lain : (Jangan lupa backup dulu kalo mau jaga-jaga).

<spell_power type="mult" min="0.1" max="0.1" /> :
1. type=”mult” artinya tipe itu ngelipatgandain (multiply).
2. min=”0.1” dan max=”0.1” artinya seberapa besar jumlah yang mau dimultiply. Berhubung case yang bang odit ambil ngerubah sign intensitynya jadi 60% , ya kalian tinggal ganti aja min=”0.1” dan max=”0.1” tadi jadi min=”0.6” dan max=”0.6”. Kalo kalian mau ganti jadi min=”0.55” dan max=”0.55” (digitnya nambah 2 angka), kalian harus hapus 2 karakter yang ngga kepake, contohnya spasi. Jadi bakal kayak gini: (Jangan Lupa save)
Cara Benar Mengedit Syntax.
Cara Benar Mengedit Syntax.

(13) Ketigabelas
Hampir selesai. Setelah kalian save hasil kerja kalian tadi, tutup notepad++ nya, terus hapus semua file yang ada di folder items kecuali file yang tadi kita modifikasi. Begitu juga semua file yang ada di folder gameplay, kecuali folder items, dan juga hapus semua folder dan file yang ada di folder hasil. Maksudnya, biar pas nanti reimport, kita ngga perlu ikut reimport file yang ngga diedit, jadi lebih cepet.

(14) Keempatbelas
Kalo udah, buka file reimport.
Buka file Reimport.

(15) Kelimabelas
Ikutin langkah yang sama kayak extracting tadi, mulai dari pilih witcher3.bms, pilih xml.bundle, sampe buka folder hasil tadi. Khusus buat langkah terakhir, cukup buka file hasil terus klik Save, ngga perlu dibuka sampe folder items. Check penampakan :
Navigasi ke folder hasil. Ngga usah dibuka sampe folder items.
Navigasi ke folder hasil. Ngga usah dibuka sampe folder items.

(16) Keenambelas
LAST STEP. Overall, kita udah berhasil mod file . Yang kita sebut file mod itu bukan yang ada di folder hasil, tapi di folder sumber  yaitu file xml.bundle. Kalian tinggal pindahin (copy) file xml.bundle tadi ke : The Witcher 3 Wild Hunt\content\content0\bundles

Gampang kan? Kalian tinggal buka aja gamenya, kalo berhasil, penampakan nya HARUS kayak gini : 
Screenshot Contoh mod yang berhasil.
Screenshot Contoh mod yang berhasil.

Inget yaa, ini cuma satu dari sekian ribu pilihan yang bisa kita ambil buat mod sesuatu di game The Witcher 3 Wild Hunt. Mungkin abis kalian baca ini, ada beberapa inisiatif buat bikin mod yang lebih greget atau anti-mainstream. Ngga kayak modder di nexusmods yang bikin mod standalone buat disebarin, tutorial ini cuma buat modding pribadi. Tapi bukan berarti kalian ngga bisa share semua itu di internet. Kalian mungkin tinggal share aja apa yang ada di folder hasil tadi kalo sekiranya bener-bener pengen ngeshare mod itu. In my next tutor, bang odit bakalan coba ngejelasin cara buat mod standalone, biar lebih praktis. Happy Modding guys--


EmoticonEmoticon